Minggu, 08 November 2015

Resume ILmu Komunikasi dan Dakwah


Sumber : Dokumen Pribadi

ü  Komunikasi
1.         Bahasa.
1.         Bahasa Inggris : Comunication :hubungan, berita, pengumuman.
2.       Bahasaa latin : Communis :  sama, sama maknanya, atau mempunyai kesamaan pandangan.
3.       Pragmatik : Mekanisme mengadakan hubungan.
4.        Secara umum : terjadinya hubungan manusiawi antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya, baik secara individu maupun secara kelompok
5.       Carel I Hovland : upaya sistematis untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat umum.
6.       Edwar depari : mencapai kebersamaan atau pengelompokan.
2.  Fungsi komunikasi dan tujuan  menurut Roland E. Wolseley dan Laurance R. Cambell :
1.      Untuk membentuk pengetahuan yang sama mengenai fakta.
2.      Untuk membuat sikap yang baik menjadi popular.
3.      Penyatakan perasaan.
4.      Memberikan kesempatan untuk membawa diri dalam kelompok.
3.      Tujuan komunikasi menurut onong oechiana
1.      Perubahan social
2.      Perubahan prilaku
3.      Perubahan sikap
4.      Perubahan pendapat
4.      Konsep awal komunikasi dalam al-quran
QS. Al-Alaq : 1-5 disebut proses awal komunikasi dalam al-Quran.
5.  Syarat komunikasi dalam dalam Al-Quran
1.      Al- Bayan (Ali Imran ,138, Al-Rahman 4
Al-Bayan menurut as-syaukani adalah alat komunikasi.
2.    Al-Ta`aruf ((Al-Hujurat,13, Yunus, 45
3.    Al-Naba`( Al-Hujurat ,6, Al-Naba 2
4.    Al-Qawul terulang serbanyak 52 kali
6.   Metode komunikasi dalam Al-Quran :
1.    Metode dialogis
2.    Metode I’tibar (tamsil).
3.    Nasehat yang baik
4.    Metode mujadalah
5.   Bentuk pertanyaan
7.   Unsur-unsur Komunikasi
1.   Sumber (sender) : orang yang memberi berita baik secara individu maupun lembaga.
2.    Pesan  (Message) : Dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan, Karena itu ayat al-Qur’an dapat disebut sebagai sumber pesan.
3.    Media
4.    Penerima (Reciever) :Tujun dakwah yakni memindahkan sesuatau situasi kesituasi yang lain.
5.    Efek : Pembedaan saat orang sudah menrima dan belum menerima.
6.    Umpan Balik (Feedback)
7.    Lingkungan : Keadaan yang menyertai saat komunikasi sedang berlangsung.
8.    Noice (Ganggguan).
8.    Lambang komunikasi
1.    Lambang Verbal ( Verbal Simbols)
            1.Sound Writtean
            2. Sign Writing
2.    Non Verbal Simbols
            1.Isyarat-isyarat
            2. Lukisan (gambar).
            3. Tanda-tanda
            4. Sikap
9.    Fungsi Bahasa
1.    Untuk mempelajari dunia sekeliling kita.
2.    Untuk membina hubungan yang baik diantara sesamamanusia
3.    Untuk menciptakan ikatan-ikatan dalam kihidupan manusia.
10.  Perkembangan ilmu komunikasi
1.     Syarat –syarat ilmiah suatau ilmu:
a)    Bersifat empiris (diamati)
b)    Verifikatif/verifikasi
c)    Non-normatif
d)    General
e)    Explanatory (dijelaskan)
2.    Perbedaan ilmu dan pengetahuan:
a)    Pengalaman : Pengetahuan
b)    Ilmu : Penelitian bukan pernyataan
3.    Hal lain yang juga ditekankan oleh imu:
a)    Aspek antologi (hakekat,nilai).
b)    Epistimologi (cara, sistem)
c)    Aksiologi (bisa diterapakan /dikembangkan)
4.    Sejarah perkembangan ilmu di bangun:
a)    Publistik (penduduk).
b)    Jurnalistik (catatan harian).
c)    Retorika (ilmu bicara).
11. Strategi Komunikasi
1.    Pengertian
          Panduan perncanaan komunikasi dengan manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
2.    Tujuan sentral komunikasi
a)   Memastikan bahwa komunikan dapat mengerti komunikasi yang diterimanya.
b)   Penerima sudah memahami pesan yang diterimanya.
c)   Pesan yang diterimanya dimotivasikan.
3.    Korelasi antara komponen dalam strategi komunikasi
1.    Faktor pendukung dan penghambat:
a. Sasaran komunikasi
Kerangka refenrensi sasaran komunikasi (ajaklah /sampaikanlah sesuai kadar kemampuannya).
2.    Factor situasi dan kondisi
a.  Daya tarik sumber (Qs. Al-Maidah :8 dan Qs. Al-Nisa : 58).
b.  Kredibilitas sumber (tingkat kepercayaan/propesi atau keahlian.
3.    I’tikad baik
a.  Komunikasi sebagai sentral proses komunikasi dan dapat memanipulasi kearah yang baik.
b.  I’tikad baik seseorang komunikator dibuktikan dengan kemauan menolong orang lain(Qs. Al-Maidah : 2).
4.    Komunikasi dan pembentukan pendapat umum
a.    Publik adalah kelompok manusia yang berkumpul secara spontan yang memiliki beberapa indikasi:
Ø  Menghadapi suatu problem/persoalan.
Ø  Ada perbedaan pendapat atara individu yang satu dengan lainnya serta berusaha mengatasi permasalahan tersebut.
Ø  Mencari jalan keluar.
b.    Pendapat umum  adalah pendapat rata-rata individu dalam masyarakat sebagai hasil diskusi tidak langsung yang dilakukan untuk memecahkan masalah sosial, terutama yang ditimbulkan oleh media komunikasi.
c.    Jenis-jenis pendapat umum :
Ø  Pendapatan yang kompoten yakni pendapat yang dapat merubah dan mengarahkan kearah yang baik.
Ø  Pendapat yang laten yakni pendapat yang belum terwujud.
d.    Kelompok pemuka pendapat :
Ø  Elit formal yakni kelompok warga masyarakat yang memperoleh kekuasaan, wewenang dan pengaruh dari nilai-nilai dan aturan-aturan yang berasal dari pemerintah dan Undang-Undang Dasar 1945.
Ø  Elit agama yakni kelompok warga masyarakat yang memperoleh kekuasaan, wewenang dan pengaruh terhadap masyarakat lainnya dari nilai-nilai agama yang tidak bertentangan dengan al-qur’an dan sunnah rasulullah saw.
Ø  Elit adat yakni kelompok masyarakat yang diberikan wewenang untuk mengatur sesuai adat yang berlaku.
e.    Syarat menjadi pemuka :
Ø  Giat dan berpartisipasi banyak dalam masyarakat terutama dalam kelompoknya (kuat sosialisai).
Ø  Memperlihatkan ketergantungan dari masyarakat, juga mempunyai kebutuhan akan Masyarakat (hablum minannas/makhluk social).
Ø  Memiliki kepedulian terhadap masyarakat.
Ø  Pasih bicara (memiliki pengetahuan luas).
Ø  Mempunyai sikap percaya diri sendiri.
Ø  Populer dalam kelompok / masyarakat .
12. Komunikasi dan dakwah
Letak perbedaan komunikasi dan dakwah adalah terletak pada pendekatannya yang dilakukan secara persuasive dan harapan untuk memiliki perubahan.
Pesan dakwah seacarakhas adalah pesan yang bersumber dari keseluruhan ajaran islam yang bersumber dari  Al-Quran (QS. Al-Ahzab : 39).
Kesimpulannya adalah Komunikasi merupakan suatu dasar pokok bagi terwujudnya interaksi sosial, dimana dengan komunikasi itu dimungkinkan terjadinya mutual respons serta the give and take of stimuli sebagai suatu syarat interaksi..
13. Aspek etika komunikasi
Etika komunikasi adalah suatu permasalahan yang berkaitan dengan budaya,filsafat dan agama masyarakat yg diawali dengan berbagai proses integrasi diantara individu.
a.      Ada 4 Aspek pokok etika:
1.       Aspek moral
Ø  penghormatan atau leyakinan akan wibawa dan harga diri individu dimiliki setiap orang.
Ø  keterbukaan atau keyakinan pada kesempatan.
Ø  kebebasan disertai tanggung jawab dalam plaksanaan kebebasan.
Ø  keyakinan pada kemampuan setiap orang untuk memahami hakikat demokrasi.
2.      Aspek rasionalits
Ø  Salah satu aspek etis dalam komunikasi.
3.      Aspek sisoal budaya
Adalah pola nilai dalam bentuk symbol-simbol yang diwariskan secara historis,suatu acuan wacana yg dinyatakan dalam bentuk perkembangan lewat mana masyarakat berkomunikasi, meneruskan dan mengembangkan pengetahuan mereka tentang kehidupan.
4.      Aspek politik dan idiologis
Suatu system yang mempunyai sekumpulan nilai serta prosedur terselubung dan terang-terangan dalam idiologinya yg dipandang sebagai Sesuatu yg penting  bagi kesehatan dan pertumbuhan sitem pemerintahan.

b.      Tanggung jawab terhadap suatu  pesan.
1.       Teori tanggung jawab dianut dalam teori pers. Pda dasarnya teori pers ada 4 :
Ø  otortarian
Ø  liberalis
Ø  libertarian
Ø  tanggung jawab social.

c.       Akurasi berita jika dikaitkan dengan sumber harus memenuhi syarat-syarat :
Ø  kesaksian langsung
Ø  ketokohan atau keteladanan
Ø  pengalaman
Ø  kedudukan atau jabatan terkait
Ø  keahlian
kritik social => hal yang erat kaitannya dengan politik.
14. Teknologi
a.       Secara umum ;
                                                  Aplikasi atau alat mesin yang digunakan.
b.      Comunikasi technology :
Communication = media
1.      Digunakan sebagai alat bisnis
2.      Dijadikan media dan communication technology
3.      Dijadikan media, politik,social dan budaya masyarakat.
c.       Fungsi dan tujuan media :
1.      Memenuhi kebutuhan public tentang informasi.
2.      Menyebarkan budaya bangsa.
3.      Menyajikan hiburan.
4.      Mendidik.
d.      Di balik itu semua tujuannya adalah :
Mencari keuntungan /profit centered.
e.       Peranan media massa dengan masyarakat sehubungan revolusi informasi yg ketiga :
1.      Media mempengaruhi masyarakat.
2.      Media cerminan dari keadaan masyarakat itu sendiri.
3.      Media adalah refleksi dan efek dari masyarakat.
f.        Pembangunan teknologi kamunikasi.
1.      Buku dan majallah
2.      Surat kabar
3.      Radio dan radio rekaman
4.      Film dan video
5.      Televisi dan  tv kabel
6.      Media computer dan internet
7.      Hand phon (HP)
g.       Ciri-ciri perkembangan ICT :
1.      Munculnya web dngan informasi highway
2.      CD digital recording ,
3.      Muncul industri digital.
h.      Dampak dari perkembangan ICT
1.      Berubahnya pola kehidupan, paradigm terhadap kehidupan.
2.      Ada jabatan2 yg hilang dan banyak jabatan dan keterampilan baru akibat dari pekembangan digital.
3.      Peraturan ITU.
i.        Misi media massa:
1.      Entertainment.
2.      Informasi.
3.      Pendidikan.
j.         Dampak perkembangan teknologi komunikasi adalah globalisasi :
1.      Gegar/ikut2  budaya.
2.      Dekadensi/dampak moral.
k.      Upaya :
1.      Apa upaya menyiapkan mental ;
       2.   Apa peranan DAI dan Guru Agama;
       3.  Bagaimana di keluarga, sekolah dan masyarakat;  
15. Masyarakat informasi
Dulu dunia tidak selebar daun kelor, tapi sekarang dunia sudah selebar daun kelor karena sudah bisa dilhat pinggirnya.
Begitu cepatnya  arus informasi melanda segala bidang kehidupan membuat orang merasa bingung dlam memilih dan mengambil keputusan akibat banyaknya pilihan. Maka tidak heran bila abad ini disebut abad informasi (Zurkarnaen Nasustion).
a.        Ciri-ciri masyarakat informasi
1.         Terbuka menerima informasi tapi diiringi dengan kritis dan tidak apriori.
2.       Demokratis.
3.       Desentralisasi, kekuasaan berbagi.
4.       Dari manufacture ke jasa, denga cirri pekerjaan yg berbasis ilmu pengetahuan, otomatisasi,pemecahan masalah dan inovasi (Masuda).
5.       Ketergantungan kpada ICT, computer merupakan teman sejawat demokrasi yg paling penting sejak kotak suara ditemukan (Alvin Toffler).
b.        Trends masyrakat informasi
1.         Dari Negara bangsa ke       > jaringan
2.       Dari tuntutan eksport ke  > tuntutan konsumen
3.       Dari pengaruh barat ke     > cara asia
4.        Dari control pemerintah ke  > tuntutan pasar
5.       Dari desa ke                              > metropolitan
6.       Dari padat karya ke                 > teknologi canggih
7.        Dari dominasi kaum pria ke munculnya kaum wanita
8.       Dari barat ke                             > timur
c.        Konsep islam dalam penciptaan dan penyebaran informasi
(Menurut ziauddin sardar).
1.         Tauhid, kemerdekaan dlam informasi ada. Criteria etical pertama dan umat islam tidak dlam kedudukan terpaksa tunduk kepada kekuatan luar selain kepada tuhan.
2.       Ilm (ilmu), informasi diupayakan dalam kerangka ilmu pengetahuan u/kemaslahatan masyrakat.
3.       Hikmah(kebijaksanaan), informasi harus merefleksikan karakteristik tertinggi sang pencipta, dengan memandang suatu peradaban muslim yg dinamis dan berkembang dengan kecakapan dan ketajaman serta kecermatan pikiran.
4.        Adil, penciptaan dan penyebaran informasi harus diarahkan u/ memajukan keadilan, informasi harus diupayakan melalui masyarakat yg adil dan didistribusikan secara adil.
5.       Ijma’ dan syura (consensus dan musyawarah),
6.       Istislah (kepentingan umum),semua informasidi ciptakan dan didistribusikan adalah untuk kepentingan umum.
7.        Ummah (muslim sejagat),
16. Masyarakat informasi
1.    Masyarakat terkena exposure (terpaan) media massa dan komunikasi global.
2.    Masyarakat yg sadar akan informasi dan mendapatkan informasi yg cukup.
3.    Menjadikan informasi sebagai akomoditas yg bernilai ekonomi.
4.    Berhubungan dengan masyrakat lain dalam system komunikasi global.
5.    Mengakses informasi super highway (berkecepatan tinggi).
17. Teknologi informasi dalam masyarakat informasi
                             Tujuan informasi nasional (sebuah kebijakan) untuk ;
1.    Menjaga kedaualatan nasional dari interpedensi yg timbul dari berbagai teknologi “abad informs”.
2.    Mengembangkan infrastruktur informasi nasional yg akan mengurangi ketergantungan kepada sumber2 (resources) informasi asing.
Proteksionis Negara lain terhadap AS;
1.    Meningkatnya pertauatan (linkages) antara kemampuan teknologi telekomunikasi dan computer.
2.    Predikasi tentang akan bertambah banyaknya Negara industri yang menjadikan informasi sbg asing

0 komentar:

Posting Komentar